WORKSHOP SENI SEBAGAI USAHA BPK PENABUR Bintaro Jaya MENGENALKAN BUDAYA BANTEN KEPADA PESERTA DIDIK

Seni mungkin hanya satu kata yang sederhana, namun dari satu kata ini, kita dapat melihat keindahan budaya setiap sudut kota di Indonesia atupun di dunia. Seperti halnya makanan, seni selalu ada di sekitar kita, misalnya dalam hal berdandan, menghias rumah, dan masih banyak contoh-contoh lain. Indonesia sendiri merupakan negara yang memiliki banyak sekali seni dan tradisi kebudayaan. Salah satu yang menjadi contohnya adalah tarian. Zaman dahulu kala, tarian-tarian menjadi sebuah tradisi untuk mengucapkan salam karena ada tamu terhormat datang, ada tarian yang menggambarkan tentang panen yang melimpah, dari tradisi kebudayaan itulah seni lahir dan menjadi sebuah kegiatan yang sangat diminati dan sangat menghibur, bahkan dari seni kita mampu untuk menginspirasi orang lain, seorang sastrawan pernah berkata bahwa kita menciptakan sebuah karya seni hanya sekali, namun karya seni itu akan menginspirasi orang berkali-kali dan akan berlangsung terus-menerus.

Di Indonesia, seni merupakan sesuatu yang sangat dikenal. Selain itu juga, masyrakat di Indonesia banyak sekali yang tertarik dengan seni, bukan hanya sekadar untuk menikmati, namun kebanyakan dari mereka ingin sekali terlibat langsung dalam pembuatan sebuah karya seni, akan tetapi wadah untuk mengenal seni yang mereka butuhkan terkadang tidak ada atau terlalu jauh dari tempat tinggal. Oleh karena itu BPK PENABUR Bintaro Jaya mengadakan workshop seni pada tanggal 1 februari 2017 yang lalu, di dalamnya banyak sekali seni yang ditawarkan kepada peserta didik, dari seni tradisional, tradisional kontemporer, bahkan seni modern.

Workshop yang diikuti oleh para siswa-siswi BPK PENABUR Bintaro Jaya ini sangatlah membantu peserta didik untuk lebih mengenal lagi tentang apa itu seni dan apa itu budaya, karena keduanya sangat sulit untuk dipisahkan. Selain itu, dari acara ini, peserta didik bisa melihat seni dari negeri sakura, seni mengedit film, seni fotografi, masih banyak lagi, yang membuat acara ini begitu istimewa adalah, dikenalkannya seni dan budaya dari provinsi Banten yang disampaikan langsung oleh mantan kepala bidang kebudayaan dan pariwisata provinsi Banten.

Puncak workshop seni ini pun tidak kalah menarik dengan yang ada di dalam kelas, karena selain sambutan dari mantan kepala bidang kebudayaan dan pariwisata provinsi Banten tentang beberapa kebudayaan dan seni yang ada di provinsi Banten, misalnya debus, dan masih banyak lagi. Selain itu juga ada yang paling menarik perhatian, yaitu rampak bedug, sebuah seni tabuh atau perkusi yang sangat diminati anak-anak, bahkan rampak bedug ini menjadi pengisi acara puncak pada workshop seni ini, dan rampak bedug ini dimainkan oleh anak-anak yang terpilih.

Acara workshop ini sangatlah penting dan berguna bagi kaum muda yang jarang sekali mengerti tentang seni dan budaya, mereka terkadang rela menutup mata untuk tidak ingin mengerti apa itu seni dan budaya, padahal manfaatnya sangat banyak. Manfaat yang ditawarkan ketika kita mengerti tentang seni dan budaya yang ada di Indonesia adalah, pertama, kita tidak akan ketinggalan zaman, karena bangsa yang besar pastilah menghargai seni dan budayanya. Kedua, apa yang menjadi isentitas Indonesia tidak akan diakui oleh bangsa lain, karena kita turut menjaga dan melestarikan seni dan budaya. Jadi untuk teman-teman, mati lestarikan seni dan budaya Indonesia, karena itu adalah identitas yang sangat mudah bagi negara lain mengenal tentang keunikan dan kebesaran bangsa Indonesia.