CHARACTER CAMP 2017 SMAK Penabur Bintaro Jaya

Character Camp merupakan kegiatan rutinitas yang dilakukan oleh SMAK Penabur Bintaro Jaya kepada siswa kelas X. Kegiatan ini biasanya berlangsung selama 3 hari, dan tahun ini dilaksanakan di Telaga Cikeas Sentul, Puncak Bogor. Character camp ini juga bersamaan dengan kegiatan pramuka yang selama ini telah menjadi ekskul wajib siswa kelas X.

Kegiatan ini bertujuan untuk membangun karakter siswa menjadi lebih baik lagi khususnya dalam hal kemandirian, inisiatif, kolaborasi dan jiwa kepemimpinan.

Padatnya kegiatan Character Camp tersebut tidak menghalangi siswa untuk bersemangat dalam menikmati setiap detil acara yang telah disiapkan panitia. Di hari pertama, siswa melakukan lomba memasak nasi goreng. Para peserta diminta untuk membuat nasi goreng yang enak untuk dapat dinikmati bersama. Pada saat siswa berhasil membuat nasi goreng yang lezat dan nikmat, terdapat kepuasan tersendiri dalam diri siswa tersebut. Juga ada kegiatan tali-temali, dan pada malam hari siswa mendapatkan materi mengenai Kepemimpinan yang dibawakan oleh ibu Mega dan Good Character yang dibawakan oleh ibu Juli.

Di hari yang kedua, siswa melakukan kegiatan baris – berbaris, setelah itu seluruh peserta bermain KANO dan menangkap ikan. Pada permainan ini siswa diajarkan untuk saling bekerja sama dan berani untuk menyelesaikan setiap tantangan yang ada yaitu sulitnya mendayung kano dan menangkap ikan di lumpur. Setiap peserta sangat antusias dalam mengikuti permainan ini.

Pada malam hari dilakukan kegiatan api unggun dan talent show. Masing – masing kelompok menampilkan tanlenta mereka masing – masing yang telah dipersiapkan. Acara kedua ini ditutup dengan kegiatan renungan malam dan membakar ikan.

Hari yang ketiga adalah hari terakhir siswa mengikuti kegiatan Character Camp. Di hari yang ketiga ini siswa mengikuti games kebersamaan, yaitu games Bakiak, mencari bola, dan menebak kata. Hari terakhir ini ditutup dengan upacara penutupan dan pembagian hadiah. Siswa pulang dari Telaga Cikeas jam 13.00 WIB.

Berikut ini sebagian dari dokumentasi yang kami peroleh.