“Faithfulness is a Journey” tema bina iman siswa-siswi SMAK PENABUR Bintaro Jaya tahun ini

Kegiatan Bina Iman SMAK PENABUR Bintaro Jaya ini dilaksanakan pada hari Rabu, 13 September 2017 sampai dengan Jumat, 15 September 2017 di Zuri Resort and Convention, Cipanas. Kegiatan ini bertemakan KESETIAAN dengan mengambil sub  tema: Faithfulness is a Journey yang diikuti oleh seluruh peserta didik kelas XI dengan jumlah 170 orang. Kegiatan ini didampingi oleh 12 orang guru yang juga mengajar di kelas XI.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengingatkan kembali kepada para peserta didik bahwa seluruh aktivitas di lingkungan BPK PENABUR didasarkan kepada nilai-nilai yang terdapat dalam Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Kristiani (PKBN2K). Adapun tiga pilar nilai dalam PKBN2K adalah rendah hati, penguasaan diri dan kesetiaan. Kasih merupakan nilai besar yang memayungi ketiga nilai tersebut. Pelaksanaan PKBN2K, khususnya tema karakter Kesetiaan, di lingkungan BPK PENABUR berkaitan dengan profil lulusan peserta didik, yaitu BEST (Be tough, Excel worlwide, Share with society, Trust in God) dan profil bagi tenagan kependidikan yaitu PENABURS (Profesionalism, Enthusiasm, Nurture, Ability to learn, Believe in God, Unselfihness, Respect to others, Satisfaction).

Karakter kesetiaan, sebagai satu nilai dari tiga nilai di atas, erat berkaitan dengan Trust in God pada profil lulusan peserta didik BEST dan believe in God pada profil PENABURS. Secara vertikal, kesetiaan berhubungan erat kepada Allah sehingga secara horizontal kesetiaan juga nyata dalam kehidupan peserta didik dan tenaga kependidikan. Dengan demikian diharapkan karakter kesetiaan menjiwai setiap aspek dalam kedua profil tersebut